Kegiatan Purnama

Kegiatan Hari Kemerdekaan 

Kegiatan yang Dilakukan di Hari Kemerdekaan 17 Agustus – Semua masyarakat Indonesia tepatnya di Desa Purnama Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso pasti senang karena akan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Hari Kemerdekaan menjadi hari dimana semua rakyat Indonesia berpartisipasi dalam kegiatan yang berkaitan dengan hari kemerdekaan.

1. Upacara Bendera

Di Desa Purnama kegiatan upacara bendera ini selalu ada di setiap tanggal 17 Agustus. Di pagi hari biasanya upacara pengibaran bendera dilaksanakan lengkap dengan upacara penurunan bendera di sore harinya.

Mengadakan upacara di lapangan merupakan sebuah tradisi yang selalu dilakukan saat 17 Agustus. Upacara merupakan sebuah wujud penghargaan dan penghormatan kita untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk membuat Indonesia merdeka dari negara penjajah.

Upacara bendera merupakan hal yang lumrah, dan bahkan diwajibkan bagi setiap negara ketika memperingati hari kemerdekaan. Begitu juga negara Indonesia, setiap jatuhnya tanggal 17 Agustus pasti ada yang namanya upacara bendera untuk memperingati hari kemerdekaan.

2. Banyaknya Perlombaan 17-san

Yaps Benar Sekali,

Kurang lengkap rasanya jika 17 Agustus tidak diikuti dengan berbagai macam lomba yang selalu diadakan tiap tahun. Berbagai macam lomba biasanya selalu meramaikan perhelatan Agustusan ini. Di Desa Purnama pun mengadakan beragam lomba seperti tepung berantai, tarik tambang, makan kerupuk dll pasti ada di setiap lomba 17-an. Dan yang menjadi peserta yang ikut terdiri dari berbagai macam usia mulai dari anak kecil sampai yang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan.

Nggak hanya di Desa Purnama saja yang mengadakan lomba-lomba, tapi juga di sekolah, perkantoran, perumahan dan beberapa sekumpulan organisasi. Mereka sangat antusias sekali mengikuti lomba-lomba ini karena hanya diadakan setahun sekali. Karena dengan adanya perlombaan tersebut bisa mempersatukan warga Desa Purnama.

 

 

Tinggalkan Balasan