Potensi Desa

Potensi Desa

Potensi adalah semua sumber daya yang tersedia dan yang memungkinkan untuk digunakan dalam pembangunan. Potensi sumber daya yang tersedia di Desa Purnama Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso paling strategis dan yang memungkinkan untuk digunakan dalam pembangunan meliputi :

  1. Sumber Daya Alam

Desa Purnama Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso berada diketinggian 501 meter dari permukaan laut. Desa Purnama Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso secara topografi merupakan Dataran Tinggi. Wilayah Desa Purnama Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso yang beriklim tropik basah memiliki curah hujan sebesar 134,00 mm pertahun. Desa Purnama Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso memiliki intensitas curah hujan Sedang sehingga dapat mendukung kegiatan masyarakat dalam bidang pertanian, dengan catatan diatur secara baik.

Sumber Daya Alam Desa Purnama Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso menghasilkan Padi, Jagung, Kacang Tanah dan Ubi Kayu. Selain itu hewan ternak yang dikembangkan oleh masyarakat adalah berternak sapi. Dan juga tempat wisata Krajan

No Uraian Sumber Daya Alam Volume
1 Tanah Sawah
2 Tanah Kering (tegal) 162,465 ha
3 Tanah Pekarangan 90,215 ha
4 Tanah Peribadatan/ Pendidikan 3,5 ha
5 Tanah Kuburan 5 ha
6 Tanah Kas Desa 7 ha
7 Tanah Hutan 109,220 ha
8 Wisata Alam 3,100 ha
  JUMLAH TOTAL  1.192.35 HA

Kondisi Sumber Daya Alam Desa Purnama Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso

 

  1. Sumber Daya Manusia

Potensi Sumber Daya manusia di Desa Purnama masih perlu digali, berbagai tenaga terampil dibidang pertanian, perkebunan, industri mesin pertanian, perbengkelan dan tekhnologi informasi serta lainnya merupakan modal bagi pembangunan ekonomi dan pertanian, namun potensi ini belum bisa dimaksimalkan. Desa Purnama Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso dengan populasi jumlah penduduk yang cukup besar mencapai 2579 jiwa merupakan potensi sumber daya manusia yang menguntungkan jika dikelola dengan baik.

 

  1. Sumber Daya Sosial Budaya

Adanya budaya keterbukaan masyarakat Desa Purnama akan menjadi bekal kejujuran serta mau menghargai pendapat pihak lain yang bersifat konstruktif, terpeliharanya rasa persatuan dan kesatuan masyarakat Desa Purnama baik yang berada di daerah maupun luar daerah (merantau), menandakan masyarakat memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Hal ini sangat penting untuk membangun kekuatan rakyat dlam rangka mewujudkan pembangunan.

Kehidupan religius yang sudah terbangundalam diri masyarakat Desa Purnama Kecamatan Tegalampel Kabupaten Bondowoso dapat menjadi peranan yang central dalam pembangunan, dan menjadi landasan moral dan etika dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun kemasyarakatan.

 

  1. Sumber Daya Pembangunan
No Uraian Sumber Daya Pembangunan Jumlah
1 Jalan 5
2 Jembatan 5
3 Gedung PAUD 5
4 Gedung SD 1
5 Taman Pendidikan Al-Quran 23
6 Posyandu 5
7 Ponkesdesa 1
8 MCK 7
9 Sarana Air Bersih 2
10 Gapoktan 5
11 HIPPA (Himpunan pengguna air) 10
12 Kelompok tani hutan satu kelompok 1
13 Kelompok dasa wisma 1
14 Warung pracangan 38
15 Angkutan umum mobil pick up 27
16 Peternakan ayam petelur 5
17 Kelompok simpan pinjam perempuan 1