Visi dan Misi

Visi

RPJM Desa Purnama sebagai pedoman program kerja untuk masa lima tahun merupakan turunan dari sebuah cita-cita yang ingin dimasa depan oeh segenap warga masyarakat desa purnama. Cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Desa Purnama, merupakan arah kebijakan dari RPJM Desa yang dirumuskan setiap 5 tahun sekali. Cita-cita masa depan Desa Purnama digambarkan dalam Visi Desa Purnama.

 

Visi Desa Purnama disusun berdasarkan diskusi dan kesepakatan dengan warga Purnama atau tokoh-tokoh masyarakat sbagai representasi dari warga masyarakat Purnama. Visi Desa Purnama disusun berdasarkan tugas dan kewenangan yang diemban dan didasarkan protensi, permasalahan maupun hambatan yang ada di desa dan masyarakatnya, yang ada pada saat ini maupun ke depan Visi Desa Purnama adalah :

MENJADIKAN DESA PURNAMA YANG BERBUDAYA, SINERGI, AMAN DAN RELIGIUS disingkat “BERSINAR”.

 

Keberadaan Visi ini merupakan cita-cita yang akan dituju dimasa mendatang oleh segenap warga Desa Purnama. Dengan Visi ini diharapkan akan terwujud masyarakat Desa Purnama yan terpenuhi kesejahteraan rakyatnya dengan prilaku sebagai masyarakat Desa Purnama yang sejahtera, tingkat kecerdasannya meningkat, Mandiri, mempunyai harga diri, selalu berkembang , Demokratis dan berakhlakul Kharimah (Berprilaku Agamis).

 

Misi

Misi Desa Purnama merupakan usaha dan landasan dasar untuk mencapai Visi Desa Purnama. Misi merupakan penjabaran lebih operasional dari visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadi terjadinya perubahan lingkungan dimasa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi Desa Purnama.

Dalam meraih Visi Desa Purnama seperti yang sudah dijabarkan diatas, dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal. Maka disusunlah Misi Desa Purnama sebagai berikut :

  1. Mewujudkan Pembangunan Infrastruktur, Ekonomi dan Lingkungan Hidup.
  2. Mewujudkan kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan.
  3. Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Meningkatnya Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.